Menu
0 Comments

Penilaian dan Cara Membuat Application Letter yang Harus Kamu Ketahui

Application letter memiliki gaya penulisan yang berbeda anatara satu orang dengan yang lainnya. ada banyak faktor yang menentukan sebuah letter layak untuk dibaca atau tidak selain faktor pemberi beasiswa. Faktor ini tentu saja bisa dijadikan landasan dan cara untuk membuat application letter sehingga bisa membuat karya yang lebih baik. Adapun penilaian yang sering digunakan sebagai standarisasi sebuah letter adalah.

Kualitas Letter

Kualitas merupakan cara penilaian yang paling utama dari membuat sebuah application letter. Kualitas ini diberikan dengan meneliti beberapa aspek diantaranya adalah literasi dan wawasan penulis, penggunaan tanda baca yang tepat, dan susunan kalimat menjadi salah satu ciri dari penilaian kualitas letter. Latar belakang penulis juga menjadi pertimbangan akan kualitas letter itu sendiri.

Bobot Letter

Kemudian setelah kualitas masih ada bobot penilaian letter. Cakupan dari bobot ini lebih banyak ke isi dari letter. Bagaimana penulis menurunkan pengalaman dan tujuannya dalam susunan kalimat. Kemudian makna dari kalimat yang telah disusun tersebut, dan penggunaan kata yang sesuai dengan isi dari application letter. Jadi bisa dibilang bahwa kualitas lebih ke cara menulis letter sedangkan bobot pada isi yang terkandung dalam letter tersebut.

Skill dan Pengalaman

Penilaian berikutnya ada pada skill dan pengalaman yang telah dituliskan dan dicantumkan. Oleh karena itulah dalam membuat application letter memang harus dibuat dengan cara mendeskripsikan karakter diri dengan baik sehingga membuat orang yang membacanya tertarik dan mengajak penulis untuk bergabung. Akan tetapi skill dan pengalaman yang ditulis harus dibuktikan dengan contoh atau kontribusi yang nyata. Jadi seluruh skill dan pengalaman yang ditulis nantinya bisa dipertanggungjawabkan.

Rencana Kedepannya

Penilaian yang tak kalah penting adalah menyertakan tujuan dan rencana kedepannya setelah mendapatkan beasiswa. Jadi buatlah rencana yang riil dan bisa berkontribusi banyak bagi penyedia beasiswa. Khususnya rencana dan progam tersebut masih dalam satu tema dan satu visi sehingga bisa semakin mengembangkan pihak pemberi beasiswa. Rencana yang dibuat harus sejelas mungkin mulai dari tujuan, latar belakang, hingga manfaatnya kedepan nanti. Dengan adanya rencana yang matang bukan tidak mungkin akan diberikan nilai tinggi pada letter Anda jika Anda mengikuti cara membuat application letter diatas.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *