Menu
0 Comments

Problem-problem yang mungkin muncul dalam menerapkan LMS

Sekarang komputer sudah tidak bisa lepas dari sendi-sendi operasional perusahaan. Komputer menjadi perpustakaan informasi dalam bentuk kopi lunak atau soft copy. Penggunaan dasar komputer menjadi syarat mutlak bagi karyawan kantoran. Dari intensitas penggunaan komputer yang semakin tinggi ini, ada manfaat lain yang bisa digunakan, yakni dalam hal training, atau online learning. Penerapan online learning yang kesannya hanya untuk keperluan pendidikan semata, kini bisa juga dimanfaatkan dalam dunia bisnis.

Online learning management system (LMS) yang kemudian menjadi platform untuk online learning menjadi dasar rangka penerapan online learning untuk perusahaan. Platform online learning yang baik memiliki solusi lengkap yang memugkinkan materi e-learning diakses melalui berbagai macam device/gawai di mana dan kapan saja. Ini menjadi sebuah daya tarik bagi perusahaan yang menaruh concern lebih dalam memperhatikan perkembangan skill karyawan.

Proses e-learning bisa diterapkan pada semua tahap training karyawan. Mulai dari hal-hal generik seperti peraturan perusahaan, organisasi perusahaan, hingga penerapan operasi standar. Hingga pada akhirnya untuk hal-hal lebih teknis yang lebih spesifik untuk masing-masing departemen. Untuk penerapan e-learning yang powerful ini, kira-kira hal-hal apa yang bisa menjadi tantangan untuk menjalankannya?

  • Komputer dengan spesifikasi yang bisa diandalkan. Tentu keberadaan komputer/PC itu sendiri menjadi sangat penting. Pada konsep e-learning yang umum, spesifikasi komputer yang dibutuhkan bukan menjadi persoalan yang berlebihan. Namun harus dipastikan bahwa komputer tersebut bukan komputer yang terlalu rendah spesifikasinya karena perusahaan terlalu konvensional dalam memilih komputer. Karena manfaatnya yang bertambah, ada baiknya komputer yang dipilih adalah komputer yang cukup general dan mumpuni dalam menjalankan tugas sehari-hari.
  • Jaringan komputer yang baik. Jaringan komputer, baik intranet dan internet sangat dibutuhkan dan menjadi pilar utama proses pembelajaran e-learning. Artinya jaringan internet dengan bandwidth yang besar sudah menjadi kewajiban. Meskipun ini terdengar seperti sebuah investasi yang besar, tapi internet yang cepat bisa mengefisiensikan banyak hal, tidak hanya dalam hal training. Jika penggunaan internet yang sembarangan menjadi kekhawatiran, gunakan pengaturan yang melarang karyawan untuk membuka situs-situs kurang relevan dari pekerjaannya dan hanya membuka akses internet bebas pada jam-jam tertentu misalnya.

 

Tantangan tersebut sebenarnya bukan lagi menjadi sebuah tantangan besar di era digital sekarang. Namun tetap perlu dicatat penyelesaiannya yang sesuai.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *