Menu
0 Comments

Mau Gunakan Baja Ringan Yang Bagus Untuk Struktur Atap Rumah? Perhatikan Hal Berikut Ini

Atap adalah bagian penting untuk melindungi rumah. Saat ini struktur baja ringan untuk atap menjadi primadona karena beberapa kelebihan yang dimilikinya, seperti ringan dan kuat. Walaupun begitu ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan jika ingin menggunakan struktur baja ringan yang bagus untuk atap, seperti berikut ini.

Sesuaikan dengan model atap

Struktur baja ringan bisa digunakan untuk berbagai jenis model atap yang Anda inginkan. Walaupun begitu, struktur baja ringan yang bagus untuk atap juga harus disesuaikan dengan beban yang ditopangnya nanti. Apabila, Anda memang ingin memastikan baja ringan yang digunakan bisa menopang beban berat, maka silahkan memasang struktur baja ringan dengan jarak yang sangat rapat, baiknya maksimal 150 cm untuk kerenggangan antar baja.

Sesuaikan dengan jenis penutup atap

Walaupun Anda menggunakan struktur baja ringan, itu artinya Anda tidak hanya menggunakan atap dari bahan logam saja. Anda diberikan kebebasan untuk menggunakan berbagai jenis penutup atap, seperti asbes, keramik, beton atau kaca. Sesuaikan jenis penutup atap yang Anda gunakan. Pasalnya, semakin berat bobot penutup atap, maka akan semakin banyak baja ringan yang harus digunakan.

Pastikan cek kualitas baja ringan

Untuk kualitas dari struktur baja ringan bisa dilihat dari tarikan tegangan. Setidaknya, untuk struktur bangunan sendiri, baja ringan yang bagus harus memiliki nilai tarikan tegangan sebesar 550 Mpa sehingga bisa menopang beban berat.

Bukan hanya itu saja, Anda juga harus melakukan perhitungan akan kualitas dari struktur baja ringan tersebut. Baja ringan yang bagus atau terbaik akan menggunakan SAE grade 980. Perlu diingat bahwa semakin kecil nilai tegangan maka akan semakin rendah tarikan sehingga akan mempengaruhi daya topang beban.

Kualitas baja ringan juga bisa diketahui melalui lapisan anti korosi. Di pasaran sendiri memiliki dua lapisan yang digunakan, yakni galvanis dan galvalume. Untuk galvanis sendiri lebih murah dan tahan akan campuran semen, tapi tidak tahan dengan air garam. Sedangkan galvalume kebalikan dari galvanis, tahan akan sifat korosif, tapi tidak tahan dengan campuran semen.

Perhatikan sistem penguat

Struktur baja ringan memiliki bentuk lebih tipis. Hal ini yang membuatnya jauh lebih fleksibel untuk dipasangkan. Sifatnya yang tipis inilah yang membuatnya beresiko melengkung hingga roboh. Maka dari itu, harus dilakukan pemasangan yang tepat. Lebih baik saat pemasangan menggunakan branching atau batang penyangga.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *