Menu
0 Comments

Pemilihan bahan yang aman bagi playground outdoor

Antusias masyarakat dalam mengunjungi beberapa tempat wisata tak hanya dikarenakan keinginan mereka untuk melepas penat saja, namun juga untuk mengajak sang buah hati mengenal berbagai hal baru yang mengedukasi. Salah satunya adalah tersedianya sarana dari supplier yang jual playground outdoor di tempat wisata tersebut. Selain mengedukasi playground outdoor juga menjadi sarana bagi buah hati anda untuk melatih kemampuan berkomunikasi dengan anak-anak lain.

Playground sendiri dibagi menjadi beberapa jenis permainan menurut kelompok umurnya: toddler (usia 1-3 tahun), preschool (3-5 tahun), dan grade schooler (5-12 tahun). Tentunya tempat bermain dan jenis permainan menurut kelompok usia ini penting untuk diperhatikan agar pemilihan desain, peralatan dan teman-teman bermainnya sesuai kebutuhan serta aman bagi kelompok usianya. Akan sangat berbahaya jika playground di desain untuk grade schooler namun digunakan oleh toddler, atau sebaliknya karena dapat terjadi kecelakaan bermain yang tidak diinginkan atau kerusakan peralatan bermain karena berat anak melebihi kapasitas permainan.

Konsep dari playground outdoor juga sangat bervariasi, biasanya menyesuaikan dengan tema tempat wisata dimana playground tersebut berada. Walaupun ada beberapa tempat yang merombak tema playground dalam jangka waktu tertentu untuk menghindari kebosanan pengunjung. Beberapa konsep playground outdoor tersebut diantara waterpark, junglepark, theme park, education park dan lain sebagainya. Secara umum semua bisnis yang menjual playground outdoor akan mendesign playground tersebut dengan mengutamakan sisi safety atau keamanan sebagai salah satu faktor yang wajib diperhatikan.

Salah satu safety factor tersebut dapat dilihat dari pemilihan material yang digunakan untuk membuat dan menjual playground outdoor tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan material tersebut:

1. Pastikan kerangka besi yang digunakan dibuat dari besi galvanis

Seperti yang kita ketahui bahwa besi sangat mudah mengalami korosi (karatan) karena adanya reaksi redoks antara besi dengan berbagai zat di lingkungannya seperti air hujan. Sehingga karena playground akan ditempatkan di luar ruangan (outdoor) maka menjadi penting untuk memastikan besi yang digunakan telah melalui proses galvanis (pelapisan oleh seng), pelapisan dengan seng ini akan mencegah terjadinya karat pada besi. Sehingga kerangka playground tetap aman digunakan meski berganti-ganti terkena cuaca ekstrim.

2. Terbuat dari plastik LLDPE (Linear low density polyethylene)

Plastik LLDPE dikenal sebagai plastik yang sangat kuat walaupun terpapar oleh suhu ekstrim seperti panas terik dan hujan deras. Mudah diwarnai dan warna yang dihasilkan tidak mudah luntur atau kusam karena terpapar panas. Karena akan minim perawatan tentu penggunaan plastik LLDPE ini akan sangat membantu menjaga image playground outdoor yang dijual dan digunakan. Tentu warna yang kusam akan menurunkan ketertarikan anak-anak untuk bermain di playground tersebut. Kelebihan lain selain UV resistant adalah LLDPE bersifat antistatik dan mengandung bahan antiseptic. Selain itu LLDPE juga dikenal ramah lingkungan sehingga tidak mencemari lingkungan.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *