Menu
0 Comments

Tanda Alam Akan Terjadi Gempa Bumi

Berdasarkan keadaan geografisnya, di Indonesia ada 13 titik yang rawan akan terjadinya gempa bumi. Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kepulauan maluku, dan juga Papua.

Berita nasional saat ini kerap kali membahas mengenai gempa bumi dan tsunami, seperti yang baru – baru ini terjadi di Donggala, Palu dan juga di Selat Sunda. Jika anda berada di salah satu dari ketiga belas daerah tersebut, maka anda harus tahu tanda – tanda dari alam supaya anda bisa mengantisipasi jika suatu saat terjadi gempa.

  • Muncul Awan Gempa

Awan gempa ini muncul dengan posisi yang tegak lurus atau bisa dikatakan berdiri (vertikal), untuk bentuknya seperti angin puting beliung, batang, atau pohon. Bentuk awan aneh ini diakibatkan karena beberapa faktor. Salah satunya ialah sebab adanya gelombang elektromagnetik yang diakibatkan karena patahan atau lempeng bumi yang mengalami pergeseran yang dapat menyebabkan gempa bumi dengan kekuatan yang hebat.

Meskipun demikian, namun ada beberapa kasus juga awan ini terbentuk karena angin dan lainnya. Sehingga jika ada awan jenis ini tetap belum dipastikan akan terjadi gempa.

  • Gangguan Aneh Alat Elektronik

Umumnya awan gempa akan muncul satu minggu sebelum terjadinya gempa bumi. Jika anda tidak yakin awan tersebut dapat memicu gempa, maka anda bisa waspada jika beberapa alat elektronik yang ada di rumah anda mengalami masalah yang aneh. Misalnya suara pada televisi yang tidak jelas seperti rusak, lampu pada mesin fax yang terus berkedip walaupun tidak ada kegiatan mentransfer data, dan lampu neon yang tetap nyala meskipun sudah dimatikan.

Apabila gangguan – gangguan aneh tersebut terjadi, maka bisa dipastikan bahwa ada gelombang magnetis yang cukup besar di daerah anda.

  • Adanya Gempa Kecil

Jika di daerah anda terjadi gempa kecil, maka segeralah menjauh dan perg ke tanah lapang. Tentu saja hal ini untuk menghindari terjadinya gempa susulan yang cukup besar yang mungkin saja terjadi. Gempa bumi yang besar umumnya akan terjadi setelah gempa bumi kecil yang singkat terjadi. Sehingga tentu saja anda harus waspada dengan gempa kecil sekalipun.

  • Perilaku Aneh Hewan Sekitar

Jika anda memperhatikan perilaku aneh dari hewan yang anda pelihara atau hewan yang ada di sekitar anda maka anda harus waspada. Sebagian besar hewan bisa merasakan adanya gelombang elektromagnetik yang cukup besar di sekitarnya. Umumnya hewan tersebut akan panik dan menghilang karena akan menyelamatkan diri terlebih dahulu sebelum terjadi bencana.

Akan lebih baik jika anda terus memantau berita nasional yang sedang terjadi. Agar anda mengetahui informasi terbaru mengenai bencana alam yang sedang terjadi.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *