Menu
0 Comments

Latih Keberanian, Siswa TK Nabila Petir Dikenalkan Olahraga Trampolin

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), trampolin adalah kerangka ulet dan lentur yang digunakan oleh seorang akrobat untuk meloncat-loncat.

Di Indonesia, trampolin sebelumnya hanya menjadi ajang rekreasi atau bermain bagi anak-anak dan remaja. Meski olahraga ini populer di Amerika Serikat, beberapa tahun ini mulai berkembang di Indonesia.

Terbukti pada Asian Games 2018 menjadi ajang pertama bagi Indonesia menurunkan atlet pesenamnya di nomor trampolin.

Sindhu Aji dan Yudha Tri menjadi dua sosok pesenam Indonesia yang pertama tampil pada nomor trampolin di event empat tahun tersebut.

Indra Renk, seorang pelatih trampolin menjelaskan, olahraga ini sebetulnya tak hanya sebatas permainan yang diperuntukkan bagi anak-anak. Pada orang dewasa, manfaat olahraga ini dapat membakar metabolisme tubuh, membangun kekuatan kaki hingga menjaga kesehatan jantung.

“Melalukan trampolin 10 menit sama dengan berlari 30 menit. Untuk anak-anak bisa membangun kepercayaan diri, keberanian dan bermanfaat dalam hal perkembangan motorik,” kata Indra yang juga General Manajer Gravity Indoor Trampoline Park saat menerima rombongan siswa TK Nabila Petir di wahana tersebut, Jalan Dr Cipto 226 Semarang, Sabtu (1/9).

Pemilik wahana, Lidya Yunus mengemukakan, wahana trampolin anak sebenarnya sudah ada di beberapa kota seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan Bali. Olahraga ini diperuntukkan mulai anak-anak usia 1,5 tahun hingga orang dewasa usia 50 tahun.

“Kebetulan di Jawa Tengah kami yang pertama. Untuk yang ingin profesional kami juga membuka kelas. Ini masih persiapan, rencana satu bulan ke depan grand opening. Selain trampolin anak, juga ada wall climbing, ninja warior, basket, dan sebagainya,” sebutnya.

Sementara itu, pemilik Yayasan Nabila yang menaungi TK Nabila Petir, Zainal Abidin Petir mengatakan, mengenalkan olahraga trampolin anak dinilai mampu membentuk karakter mereka.

“Ini bentuk dari olahraga yang melatih kedisiplinan, ketangkasan dan keberanian. Kami mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih, karena kegiatan siswa ini difasilitasi oleh pemilik wahana jual trampoline,” ujarnya.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *